Ø Pemasaran merupakan proses sosial yang dengan
proses individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan
dengan menciptakan, menawarkan, dan secara bebas mempertahankan produk dan jasa
yang bernilai dengan pihak lain.
Ø Tujuan
pemasaran adalah
mengetahui dan memahami pelanggan dengan baik sehingga produk dan jasa itu
cocok dengan pelanggan dan selanjutnya mampu menjual dirinya sendiri. Idealnya,
pemasaran harus menghasilkan pelanggan yang siap membeli.
Ø Manajemen
pemasaran didefinisikan sbgai
seni dan ilmu untuk memilih pasar sasaran serta mendapatkan, mempertahankan,
dan menambah jumlah pelanggaan melalui penciptaan, penyampaian, dan
pengkomunikasian nilai pelanggan yang unggul
Dan selanjutnya kta harus meninjau kemampuan-kemampuan para konsumen dan perusahaan :
Konsumen:
Ø Kenaikan kecakapan membeli yang berarti
Ø
Barang
yang bersedia lebih beragam
Ø
Kemampuan informasi yang di miliki
Ø
Kemampuan membandingkan catatan barang dan jasa
Perusahaan:
Ø
Jangkauan geografis yang bisa dicapai lebih luas
dengan saluran infrmasi
Ø
Perusahaan dapat mengumpulkan informasi dengan
lengkap tentang pasar pelanggan, calon pelanggan, dan pesaing
Ø
Perusahaan dapat mempemudah dan mempercepat
komunikasi internal
Ø
Perusahaan dapat berkomunikasi dua arah dengan
pelanggan dan calon pelanggan
Ø
Perusahan dapat menyesuaikan tawaran dan layanan
sesuai dengan kebutuhan
Tahapan Pratek Pemasaran
Ø
Pemasarsn enterpreneurial.
Kebanyakan perusahaan dimulai oleh para individu yang hidup ari kecedikannya.
Merek memvisualisasikan suatu peluang dan mengetuk setiap pintu untuk mendapat
perhatian
Ø Peasaran yang terumuskan. Ketika
perusahaan-perusahaan kecil mencapai kesuksesan, maka tak terhindarkan lagi,
haus beralih kearah pemasaran yang lebih terumuskan, seperti mengeluarkan uang
untuk iklan telivisi, memeperkerjakan tenaga penjualan yang lebih banyak, dan
melkukan riset pemasaran yang lebih canggih.
Ø Pemasaran interpreneurial. Banyak perusahaan yang terjebak pada pemasaran
yang terumuskan, membaca angka-angka statistika, mengamati riset pemasaran
saja. Perusahaan tersebut tidak lagi memiliki kreativitas dan kegairahan
enterpreneurial. Para manajer merek dan produkperlu keluar dari kantor guna
memulai hidup dengan pelanggan mereka serta memvisualisasikan cara-cara baru
untuk menambah nili kehidupan pelanggan mereka.
Tugas Pemasaran
Ø Permintaan negatif, sebagian besar pasar
tidak menyukai produk. Tugas pemasaran adalah menganalisis mengapa pasar tidak
menyukai produk tertentu dan apakah sebuah program pemasaran yang terdiri dari
rancangan ulang produk, harga yang lebih rendah dan promosi yang lebih positif
dapat mengubah keyakinan dan sikap konsumen.
Ø Tidak ada permintaan, pasar mungkin tidak
sadar atau tidak berminat terhadap produk. Tugas pemasaran adalah mencari
cara-cara untuk menghubungkan manfaat produk dengan kebutuhan dan minat alamiah
konsumen.
Ø Permintaan laten, konsumen memiliki
kebutuhan yang kuat dan tidak dapat dipuaskan oleh produk yang sudah ada. Tugas
pemasaran adalah mengukur ukuran pasar potensial dan mengembangkan barang dan
jasa yang memuaskan permintaan tersebut secara efektif.
Ø Permintaan merosot, perusahaan mengalami
pemrosotan permintaan. Tugas pemasaran adalah menganalisis sebab dari
kemrosotan dan menetapakan apakah permitaan dapat dirangasang kembali oleh
pasar sasran baru, pengubahan ciri produk, komunikasi yang efektif melalui
pemasaan ulang yang kreatif.
SIAPA YANG LEBIH MAMPU MEMAHAMI KEINGINAN
KONSUMENNYA DAN MENERJEMAHKAN KEINGINAN TERSEBUT DALAM WUJUD ”PRODUK DAN JASA”
YANG UNGGUL, DIALAH YANG MEMENANGKAN PERSAINGAN.
Konsep dalam Pemasaran
Ø Segmentasi dan Pasar sasaran
Ø Marketplace,
marketspace, dan metamarket
Ø Pemasar dan Calon Pelanggan
Ø Kebutuhan, keinginan, dan permintaan
Ø Produk, tawaran dan merek
Ø Nilai dan kepuasan
Ø Relasional dan jaringan kerja
Ø Saluran pemasaran
Ø Persaingan
Ø Lingkungan pemasaran
Ø Program pemasaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar