Sabtu, 27 Maret 2010

strategi dalam pemasaran

Adapun langkah awal dalam strategi ini adalah definisi, tujuan, dan fungsi dari pemasaran itu sendiri:
Ø  Pemasaran merupakan proses sosial yang dengan proses individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan secara bebas mempertahankan produk dan jasa yang bernilai dengan pihak lain.
Ø  Tujuan pemasaran adalah mengetahui dan memahami pelanggan dengan baik sehingga produk dan jasa itu cocok dengan pelanggan dan selanjutnya mampu menjual dirinya sendiri. Idealnya, pemasaran harus menghasilkan pelanggan yang siap membeli.
Ø  Manajemen pemasaran didefinisikan sbgai seni dan ilmu untuk memilih pasar sasaran serta mendapatkan, mempertahankan, dan menambah jumlah pelanggaan melalui penciptaan, penyampaian, dan pengkomunikasian nilai pelanggan yang unggul
 
Dan selanjutnya kta harus meninjau kemampuan-kemampuan para konsumen dan perusahaan :
Konsumen:
Ø  Kenaikan kecakapan membeli yang berarti
Ø  Barang yang bersedia lebih beragam
Ø  Kemampuan informasi yang di miliki
Ø  Kemampuan membandingkan catatan barang dan jasa
Perusahaan:
Ø  Jangkauan geografis yang bisa dicapai lebih luas dengan saluran infrmasi
Ø  Perusahaan dapat mengumpulkan informasi dengan lengkap tentang pasar pelanggan, calon pelanggan, dan pesaing
Ø  Perusahaan dapat mempemudah dan mempercepat komunikasi internal
Ø  Perusahaan dapat berkomunikasi dua arah dengan pelanggan dan calon pelanggan
Ø  Perusahan dapat menyesuaikan tawaran dan layanan sesuai dengan kebutuhan
Tahapan Pratek Pemasaran
Ada tiga tahap yang mungkin dilalui oleh praktek Pemasaran:
Ø  Pemasarsn enterpreneurial. Kebanyakan perusahaan dimulai oleh para individu yang hidup ari kecedikannya. Merek memvisualisasikan suatu peluang dan mengetuk setiap pintu untuk mendapat perhatian
Ø  Peasaran yang terumuskan. Ketika perusahaan-perusahaan kecil mencapai kesuksesan, maka tak terhindarkan lagi, haus beralih kearah pemasaran yang lebih terumuskan, seperti mengeluarkan uang untuk iklan telivisi, memeperkerjakan tenaga penjualan yang lebih banyak, dan melkukan riset pemasaran yang lebih canggih.
Ø  Pemasaran interpreneurial. Banyak perusahaan yang terjebak pada pemasaran yang terumuskan, membaca angka-angka statistika, mengamati riset pemasaran saja. Perusahaan tersebut tidak lagi memiliki kreativitas dan kegairahan enterpreneurial. Para manajer merek dan produkperlu keluar dari kantor guna memulai hidup dengan pelanggan mereka serta memvisualisasikan cara-cara baru untuk menambah nili kehidupan pelanggan mereka.
 
Tugas Pemasaran
Ø  Permintaan negatif, sebagian besar pasar tidak menyukai produk. Tugas pemasaran adalah menganalisis mengapa pasar tidak menyukai produk tertentu dan apakah sebuah program pemasaran yang terdiri dari rancangan ulang produk, harga yang lebih rendah dan promosi yang lebih positif dapat mengubah keyakinan dan sikap konsumen.
Ø  Tidak ada permintaan, pasar mungkin tidak sadar atau tidak berminat terhadap produk. Tugas pemasaran adalah mencari cara-cara untuk menghubungkan manfaat produk dengan kebutuhan dan minat alamiah konsumen.
Ø  Permintaan laten, konsumen memiliki kebutuhan yang kuat dan tidak dapat dipuaskan oleh produk yang sudah ada. Tugas pemasaran adalah mengukur ukuran pasar potensial dan mengembangkan barang dan jasa yang memuaskan permintaan tersebut secara efektif.
Ø  Permintaan merosot, perusahaan mengalami pemrosotan permintaan. Tugas pemasaran adalah menganalisis sebab dari kemrosotan dan menetapakan apakah permitaan dapat dirangasang kembali oleh pasar sasran baru, pengubahan ciri produk, komunikasi yang efektif melalui pemasaan ulang yang kreatif.
  
HAL YANG PERLU DI PEGANG DALAM PRINSIP PEMASARAN ADALAH
SIAPA YANG LEBIH MAMPU MEMAHAMI KEINGINAN KONSUMENNYA DAN MENERJEMAHKAN KEINGINAN TERSEBUT DALAM WUJUD ”PRODUK DAN JASA” YANG UNGGUL, DIALAH YANG MEMENANGKAN PERSAINGAN.
Konsep dalam Pemasaran
Ø  Segmentasi dan Pasar sasaran
Ø  Marketplace, marketspace, dan metamarket
Ø  Pemasar dan Calon Pelanggan
Ø  Kebutuhan, keinginan, dan permintaan
Ø  Produk, tawaran dan merek
Ø  Nilai dan kepuasan
Ø  Relasional dan jaringan kerja
Ø  Saluran pemasaran
Ø  Persaingan
Ø  Lingkungan pemasaran
Ø  Program pemasaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar