Minggu, 16 Mei 2010

strategi keunggulan bersaing PT TELKOMSEL


Gambaran umum perusahaan
Telkomsel merupakan perusahaan telekomunikasi raksasa yang merajai dan memonopoli industri telekomunikasi seluler di Indonesia. Perusahaan ini memiliki kelebihan masing-masing dalam layanannya yang di sajikan kepada pelanggannya, dan begitu pula ada kelemahannya Sebenarnya persaingan bisnis tidak hanya terbatas pada kedua operator tebesar yaitu Telkomsel, da Indosat saja, operator-operator lain di Indonesia juga pasti terlibat dalam kancah persaingan itu.


 Dalam ilmu marketing ada yang namanya 4P
1.Produk
2.Place
3.Price
4.Promotion
            Produk yg dibahas disini bisa dianggap sama, yaitu jasa telekomunikasi alias jualan pulsa. Variasi produk sangat vital untuk memenangkan sebuah persaingan, akan tetapi dengan produk yg sama, maka perlu dicari strategi lain menghadapi persaingan. Place, diantaranya strategi menentukan cabang perusahaan, OK kita persempit saja untuk Operator GSM, strategi ini bisa diterapkan dengan menentukan wilayah jangkauan yg menjanjikan. Kenapa Esia dan Frend belum menjangkau seluruh Indonesia?, tentunya strategi penentuan lokasi berperan dalam hal ini. Price, coba kita ingat harga Perdana GSM beberapa tahun yg lalu, bandingkan dengan harga perdana sekarang. Penurunan harga yg sangat jauh itu disebabkan karena persaingan bisnis antar operator yg dimulai dari Indosat IM3 yg menjadi pelopor perdana murah. Untuk menjaga loyalitas pelanggan, mau tidak mau operator lain pun ikut menurunkan harga (walaupun tidak semurah salah satu Operator). Strategi penentuan harga sering kali menjadi dilema bagi sebuah perusahaan. Promotion, acapkali orang mensalah tafsirkan promosi sama dengan marketing, padahal kedua hal itu sangat berbeda. Dari segi promotion, masing2 Operator membawa brand image tersendiri, IM3 terkenal dengan murahnya, Simpati dengan jangkauannya, XL dengan suara beningnya, esia dengan 3000/jamnya,dll
            Menyinggung masalah inovasi, setiap perusahaan mempunyai departemen Riset dan Pengembangan yang bertujuan untuk memberikan nilai lebih kepada konsumen dengan bentuk inovasi2 terbarudarisebuahproduk. Berbicara mengenai inovasi produk jasa telekomunikasi (GSM dalam hal ini) di Indonesia, coba kita lihat beberapa tahun yg lalu, ketika pengiriman sms belum dapat dilakukan antar operator, telpon dari operator lain dikenakan roaming, dll. Hasil inovasinya adalah hampir semua operator sekarang bebas roaming nasional, bisa sms antar operator, dll. Dan saya yakin inovasi ini tidak akan berhenti sampai disini. Jika sebuah inovasi berhenti, maka sama saja dengan bunuh diri bagi perusahaan itu. 
PT.Telkomsel
a.ProfilPerusahaan
PT.Telkomsel menyediakan jasa telekomunikasi seluler jenis GSM yaitu jenis operator seluler yang global di seluruh dunia. Telkomsel mempunyai jumlah pelanggan 38,9 juta yang tersebar diseluruh Indonesia yang merupakan 55% dari pasar telekomunikasi Indonesia.
b. Struktur Organisasi
Telkomsel merupakan sebuah operator telekomunikasi seluler terbesar di Indonesia. Dalam PT.Telkomsel Struktur organisasi PT. Telkomsel adalah struktur organisasi garis atau lini. Tipe organisasi hanya mengenal satu pimpinan, dimana wewenang mengalir dari pimpinan kepada bawahan melalui garis lurus, sedangkan bawahan bertanggunga jawab langsung kepada atasan sesuai dengan bidangnya masing-masing.
c.Strategi Bisnis Perusahaan
Jaringan dan Infrastruktur
Dari tahap awal berjalannya jaringan, PT.Telkomsel melokasikan base transceiver station (BTS) kepada semua jaringan agar lebih efisien. Pola jaringan PT.Telkomsel juga memungkinkan untuk menggunakan dengan lebih baik bandwidth yang sudah ada tanpa harus mengorbankan kualitas jaringan.
Pemasaran dan penjualan
Mengubah pandangan orang tentang Perseroan yang selama ini dinilai ‘mahal’ menjadi terjangkau, muda, dinamis, trendi dan sangat memahami kebutuhan pelanggan menjadi strategi Telkomsel untuk mencari banyak pelanggan.
d.Layanan
1. Produk
Beberapa produk yang dikeluarkan Oleh PT.Telkomsel meliputi :
a. Produk Prabayar
• SimPati
• Kartu As
b. Produk Pasca bayar
• KartuHalo
2. Program Marketing
Telkomsel memberikan program marketing yang cuikup banyak untuk menarik hari penlanggan. Beberapa program marketing yang ditawarkan meliputi :
a. SimPati
• Tarif SMS hemat
• Bonus Bicara dan Bonus SMS
• SimPati Talkmania
• SimPati PeDe
b. Kartu As
• Tarif Sms Ektra Hemat
• Pake 100 Sms gratis 100 SMS
• Masa Aktif lama
• Perhitungan per detik
c. Kartu Halo
• Pilihan pembayaran yang variatif
Telkomsel memberikan program marketing yang cuikup banyak untuk menarik hari penlanggan. Beberapa program marketing yang ditawarkan meliputi :
a. SimPati
• Tarif SMS hemat
• Bonus Bicara dan Bonus SMS
• SimPati Talkmania
• SimPati PeDe
b. Kartu As
• Tarif Sms Ektra Hemat
• Pake 100 Sms gratis 100 SMS
• Masa Aktif lama
• Perhitungan per detik
c. Kartu Halo
• Pilihan pembayaran yang variatif

3. Fitur
            Selain produk dan program marketing Telkomsel juga mengandalkan fitur untuk menarik pelanggan. Fitur merupakan salah satu strategi yang ampuh untuk menarik minat konsumen.         Beberapa fitur yang ditawarkan oleh Telkomsel meliputi :
a. International Roaming                               
b. Layanan Dunia 3G Telkomsel
c. Layanan Transfer pulsa
d. Nada Sambung Pribadiku
e. Telkomsel call me
f. Telkomsel SMS me
g. Call waiting
h. Call forwarding
i. SMS
j. MMS
k. GPRS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar